Car Check

TREATMENT CUSTOM PASSIVE CROSSOVER
Sebagai jurus pamungkas yang diberikan Wandik selain dengan penggunaan processor juga menyelamatkan serangkaian passive crossever custom Deulund Mundrof. Passive ini dirangkai tidak sembarangan melainkan dengan beberapa kali research sehingga mampu mengoptimalkan kinerja dari masing-masing perangkat penyuara. “passive ini sengaja saya buat untuk menyeimbangkan keseluruhan tingkat frequensi yang bermain dalam kabin, “ jelas Wandik.

1aSelain itu juga dukungan kesenyapan pun diterapkan oleh installer asli Malang ini. Dengan menggunakan peredaman cubig yang membaruri di setiap body kendaraan pun dilakukan. “peredam saya pakein diseluruh bagian mobil, khususnya pada pintu-pintu yang keseluruhannya menggunakan 2 lapis peredam. Selain mengurangi vribasi sesaat draiver dikerjakan,” tambahnya.

2SIASATI AMPLIFIER MULTIKANAL MEMPHIS
Untuk mengoptimalkan kinerja dari setiap perangkat penyuara yang menjejali dalam toyota innova, Wandik mensiasatinya dengan mengoptimalkan kinerja dari amplifier Mamphis 6 channel. Karena memiliki sisten yang audio yang sederhana, namun besaran tenaga yang sampai pada tiap speaker harus tepat. “Detailnya tweeter dan mindrange disuplai power amplifier melalui passive crossover, sedangkan midbass dan subwoofer disuplai langsung dari power apmplifier,” ungkap Wandik.

3TRADEMARK BOX SUBWOOFER UNIK
Bicara urusan treatment yang diaplikasikan ada subwoofer, Wandik mempunyai jurus yang sangat jitu. Liat saja treatment box sebagai tempat bersarangnya subwoofer menjadi earmark workshop gerai Beta audio ini menyerupai pinggul wanita. Sementara untuk mengoptimakan bass yang depth, Wandik menggunakan SB Acousti 10 inch. “disini ada beberapa treatment yang gak perlu saya ceritain deh ya, yang penting bisa galak attack-nya,” ucap Wandik.

4REFERENSI CD JOHN MAYER
Usai sesi photo eksterior dan juga interior kabin, kurag rasanya bila belum menjajal keseluruhan sistem yang teraplikasi pada tuggangan risya asal Malang. Dengan menggunakan CD John Mayer sebagai reverensinya, maka dapat disimpulkan hasilsemua perangkat penyuara dapat mengeluarkan suara dengan tatanan yang rapi, begitupu suara bassnya yang terdengar lebih depth.

5

6a

[info_box] Diambil dari majalah : Autostereo #121 / Sept – Okt 2013  [/info_box]

[gradient_divider]TERAPKAN DUA GAYA SQ

[note_box]Menawarkan dua gaya untuk auto contest atau sekedar hobi bermusik saat berkendara. Maka siasat sang dokter memaksimalkan ruang panggung yang sempurna.[/note_box]

wide-full-p2Penyegaran baru pada konsep Honda Stream tahun 2007 dengan rombakan sistem audio yang dikreasikan installer Wandik dari Beta Audio untuk memaksimalkan suara yang sempurna di dalam kabin. Tidak sekedar menjadi alat transpotasi saja bagi dr Budi Darmawan pemilik Honda Stream ini, tapi menginginkan ruang panggung yang lebih hidup dengan suara lebih lantang.

2-1-aSistem 3 way sudah jelas diterapkan sang installer kepada tunggangan milik seorang dokter. Aplikasi head unit Nakamichi CD 700 terpasang menyambangi procesor RUX-C800. Konsep sempurna pada panggung dilengkapi perangkat tweeter Tec, mid range Seas Excel 12CY001, dan Kick Panel mid bass Seas Excel 6 Inchi.

TERAPKAN KICK PANEL SEAS EXCEL

2-2-bMewujudkan sirkulasisuara pada bangki VIP, maka tanpa perlu memutar otak lagi, Wandik lansung menambah kick panel mid bass seas excel 6 inchi di dekat pedal dengan tujuan suara yang dihasilkan lebih rata. Tapi perlu diingat pemasangan kick panel tersebut tida mengganggu pengemudi. Ruang yang dipergunakan pun hanya 10-12persen begitu juga pada kick panel sebelah kiri.

2-2-cMenurut Wandik perbandingan penggunaan kick panel mid bass sendiri cukup jauh. Suara bass lebih terasa bulat, penempatan angle antara tweeter Tec dan mid Seas Excel 12CY001 tidak terlalu jauh. “Berbeda suara mid bass yang biasa terpasang di koridor pintu dengan suara yang dihasilkan pada kick panel ini”, ujar Wandik.

wide_p2

OPTIMALKAN SUARA BASS

Mengintip buritan belakang sudah pasti Honda Stream berkelir hitam ini mengikuti kejuaraan audio. Sound Quality melengkapi bagian belakang dengan subwoofer Scan-Speak 23W yang berbentuk eclipse tentu saja menambah dentuman bass extra.
Penyajianya juga diberi doble power Cubig CA 4150 4CH menggunakan capasitor bank 50farad, serta accu stringer SPV44 sehingga powernya cukup stabil, sang ownerpun cukup senang karena daya yang diperlukan tidak membuat tekor. Sistem passive crossover Deulund dan Mundrof Silver Oil custom mampu menyeting suara yang teratur. “Konsep yang diinginkan suara senatural mungkin,” jawabnya.

2-2-d

PERANGKAT PEREDAM DYNAMAT EXTREME

Mensiasati agar suara yang timbul tidak noise baik dari dalam maupun luar, maka sang installer mengaplikasikan peredam Dynament Extreme pada buritan belakang. Sehingga tampak jelas sirkulasi suara dalam kabin lebih menyeluruh bentuk studio.

2-2-eMEMBOYONG GELAR JUARA

Modifikasi dari sang installer membawa honda stream sang dokter menyebet gelar juara 1 dibeberapa kejuaraan Sound Modification SQ 65 million class di Jakarta dan SQ 30 million class. Maka jelang perlombaan dilakukan penyetingan ulang setiap enam bulan.

[info_box] Diambil dari majalah: Autostereo #23 / Deceember 2013. Honda Stream – Beta Audio – Malang. SPESIFIKASI :  | Head Unit : Nakamichi CD 700 | Amplifier : Processor Alphine PXA H800+RUX -C800 | Speaker Depan : Tweeter Tec, Mid Seas Excel 12CY001, Mid Bass Seas Exel 6 inch | Speaker Belakang : Subwoofer Scan Speak 23W. Power Cubig CA 4150 4CH, | Kapasitor Bank : Capasitor 50 farad, Accu Strigger SPV44 | Kabel SPK : Duelund | Kabel RCA : Morze dan kabel DC Choard | Crossover : Passive Custom Dueluend, Mundrof Silver OIL | Peredam : Dynament Extream | Owner : dr Budi Darmawan | Installer : Wandik | Workshop : Beta-Audio | Addres : Jalan Anggada no 20 Sawojajar II Malang-Jawa Timur | Contact : 0341-727928 – 0341-7023828 / 081334959696[/info_box]

TRICY INSTALATION

[note_box]Berbagai cara untuk menciptakan kualitas suara yang prima, salah satunya dengan melakukan berbagai treatment instalasi dan tuning. [/note_box]

3-1-aBerbeda jika instalatur melakukan instalasi, setting dan juga sekaligus tuning terhadap kendaraannya pribadi. Tentunya tiada batasan sehingga akan terus melakukan perombakan-perombakan hingga akhirnya menemukan titik klimaks. Tapi sepertinya tidak ada kata klimaks bagi seorang instalatur car audio dalam mengutak-atik car stereo system, apalagi terhadap tunggangannya sendiri.

Hal ini dialami oleh Wandik, instalatur sekaligus owner dari Beta Audio yang berada di Kota Malang. Toyota Yaris milinya dijadikan ajang untuk bereksperimen dengan berbagai treatment serta peranti audio. Tujuanya antara lain untuk siap tempur di ajang kontes, sekaligus sebagai sarana kendaraan demo untuk workshopnya.

wide-p3-full

BRIDGE AGAR MAKSIMAL
Instalatur yang bertempat di Kota Malang ini mengandalkan produk dari berbagai merek yang dianggap mempunyai karakter yang saling mendukung, atau biasa dibilang matching product. Sebagai senjata utamadi lini depan menggunakan sistem 3 way yang mengandalkan tweeter Tec yagn digabungakan dengan midrange Seas Excel W12CY001.

3-1-bWandik sedikit membocorkan rahasia terhadap instalasi yagn dilakukan pada Yaris ini. Untuk mendapatkan separasi suara yang lebar serta layering yang depth, tweeter serta midrange ini dialiri daya dari amplifier Cubing CA 4.80. perlakuanya yaiutu dengan membridge amplifier 4 kanal ini sehingga daya yang dihantarkannya lebih besar. “Dengan membridge amplifier ini menjadi 2 kanal mono, watt yang dihasilkannya menjadi 100 watt perkanal, dan tentunya mampu mengeluarkan kemampuan maksimal dar speaker”, unkap Wandik.

Disini Wandik tidak memberlakukan sistem bi amp, tetapi terlebih dahulu menyatukan tweeter setta midrange tersebut dengan bantuan passive crossover custem.

3-1-cTidak main-main, passive buatannya ini juga disenjatai oleh komponen pabrik mundorf. Sedangkan untuk masalh teknis seperti cutting frequency serta system yang diterapkan pada passive x-overnya, instalatur berkacamata ini tidak meu membukanya lebih dalam.

[info_box] Diambil dari majalah: Autostereo #22 / November 2013. Toyota Yaris – Beta Audio – Malang [/info_box]

[gradient_divider]

SPECIAL TREATMENT FOR RESULT

4-1Layaknya sebuah mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dilahirkan untuk dapat melewati segala medan jalan, karena memiliki kaki-kaki yang kuat dan ground clearance cukup tinggi.

Tetapi berbeda pada Honda All New CR-V kepunyaan Peter yang agak nyeleneh, karena sudah lari dari pakem sebuah kendaraan SUV. Mungkin di benak Peter, kendaraannya harus dimodifikasi agar siap untuk bertarung di suatu gelaran kontes. Eittss, tunggu dulu. Dengan tampilan eksterior yang lumayan sporty, ternyata Peter tidak menyertakan kendaraannya untuk mengikuti kontea modifikasi, melainkan kontes Sound Quality (SQ).

4-1-bMenggunakan perangkat dengan kualitas terbaik daei tiap driver merupakan satu hal yang ditujukan untuk mendapat kepuasan dalam menikmati sistem audio di mobil yang berkelir putih itu. “Tapi tentunya itu bukanlah faktor yang bisa diandalkan, sebab meski perangkat yang digunakan sudah diyakini punya kualitas pilihan atau kelas high-end, jika tidak diiringi instalasi yang baik, bukan tidak mungkin suara yang dihasilkan tetap jadi tidak maksimal,” jelas Wandik dari Beta Audio Malang.

4-1-ASupaya semua perangkat sound system siap pada waktunya, untuk itulah pria yang bekerja sebagai wirausaha ini hanya berserah Installer kota Malang itu. Telah memilih produk berkelas high-end up-grade untuk sistem audionya. Tapi Wandik juga tetap mengimbangi dengan memperhatikan sistem instalasi yang akan diaplikasikan agar nantinya dapat total menghasilkan sistem audio yang memiliki kualitas SQ sesungguhnya.

Wandik sang Instalatur yang bermarkas di Malang yang telah lama bermain di dunia SQ dengan berbagai prestasi kontes ini pum langsung memahami keinginan Peter, sehingga dalam mewujudkan konsep SQ yang mumpuni dengan perangkat terbaik tetap diiringi dengan beragam treatment spesial. Seperti apa sih modifikasi audio yang dilakukan Wandik?

TUNING DARI HEAD UNIT DAN PROCESSOR HIGH-END

4-1-d

Masuk ke bagian inti yang memang dipersiapkan untuk bertarung, giliran sang Installer audio yang berkreasi. “Tahap pertama yang dilakukan dalam meraciknya adalah dengan memasangkan head unit yang memiliki fitur lengkap dan unggul untuk memproses sinyal audio sebelum sampai ke speaker,” pungkas Wandik. Berawal dari pergantian sumber suara yang mumpuni dipilih oleh Wandik yaitu head unit Alpine F1 DVI-9990E yang digadang-gadang mempunyai kualitas kejernihan yang luar biasa.

Kemudian Wandik pum mengkombinasikan beserta sebuah processor Alpine PXI-H990 sebagai penyempurna dalam memberikan detail kualitas suara. Kali ini memang brand Alpine yang berperan penting dalam sistem pengaturan di mobil milik Peter ini dari head unit ataupun processor. Sehingga menjadikan kualitas suara dari sistem audio pada mobil besutannya bisa mendapat hasil yang maksimal.

[note_box] Supaya Sistem siap pada waktunya, tetap diimbangi pada instalasi yang akan diaplikasikan agar dapat menghasilkan sistem audio yang memiliki kualitas SQ sesungguhnya [/note_box]

[info_box] Diambil dari majalah : Autostereo #130 / 2014. *Honda CRV – Beta Audio – Malang  [/info_box]

Comments are closed